Jangan Abaikan Nyeri Sendi di Pagi Hari!!

 

Hemmttt... Akhirnya ada waktu lagi nih untuk posting di blog kesayangan saya..
Baiklah kawan - kawan, seperti di judul postingan saya ini, kali ini saya akan membahas mengenai Nyeri Sendi.. Pernah nggak di antara kalian yang sering merasa nyeri di sendi kaki atau tangan yang muncul ketika bangun tidur? Kalau jawabannya pernah, maka kalian harus mulai waspada mulai sekarang. Saya juga pernah merasakannya, jadi saya merasa berita ini sangat penting sekali.. Berikut alasannya:

Siang tadi, sepulang kuliah, saya sempat dikejutkan oleh artikel yang ada di harian Sumatera Ekspres. Dalam artikel tersebut menjelaskan mengenai jika kita pernah mengalami nyeri di sendi tangan atau kaki ketika bangun tidur di pagi hari, bisa jadi itu merupakan pertanda kita menderita penyakit Artritis Reumatoid. Saya kurang paham mengenai penyakit ini, atau bahkan hampir tidak tau, tapi yang mengejutkan saya adalah, ternyata penyakit ini bisa menyebabkan cacat permanen.

Menurut Dr. Jalalin SpRM, dari RS Dr Mohammad Hoesin Palembang, Artritis Reumatoid merupakan penyakit autoimun yang menyerang jaringan persendian. Tak jarang, juga menyerang organ tubuh lainnya. Jika tidak segera diobati, maka bisa terjadi kerusakkan persendian yang berujung kelumpuhan, dan bahkan bisa menyebabkan kematian dini! Parahnya, ternyata penyakit Artritis Reumatoid ini masih tidak diketahui penyebabnya. ckckckckck...

Penyakit autoimun terjadi karena adanya gangguan pada fungsi normal dari sistem imun, sehingga sistem imun bisa menyerang jaringan tubuh sendiri. Bisa juga karena adanya kegagalan sistem antibodi mengenali sel tubuhnya sendiri dan menganggapnya sebagai benda asing dan merusaknya. Pada tahap awal, biasanya penyakit ini menyerang sendi - sendi kecil, seperti pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Selanjutya akan menyerang sendi lutut, siku, panggul, rahang, dan sendi leher. 

Umumnya, penyakit ini menyerang pada pada sendi - sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Biasanya, gejala klinisnya adalah sendi mengalami peradangan, hangat, kemerahan, dan rasa sakit yang teramat sangat. Keadaan ini akan timbul di pagi hari, yakni ketika bangun tidur, dan akan hilang dengan sendirinya pada siang hari. Pada banyak sendi simetris, sendi akan terasa kaku di pagi hari. Gejala lainnya adalah demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah, dan anemia.

Gimana tuh gejala - gejala di atas? Sudah lumayan kan.. Pastinya kan kalau anggota badan kita terasa nyeri, kita tidak akan nyaman dalam melakukan aktifitas sehari - sehari. Yang ada kita hanya akan diam di ranjang.
Lantas, untuk pengobatannya gimana? Berikut nih pilihannya:

Untuk pengobatan penyakit Artritis Reumatoid ini, bisa dilakukan dengan fisioterapi, psikologik, dan pembedahan. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk mengurangi peradangan pada sendi dan mencegah atau memperlambat kerusakkan pada sendi yang dapat menimbulkan Cacat Permanen!! Selain itu, pengobatan ini juga untuk mencegah terjadinya kelemahan otot.

Nah, kalau udah begini apa masih mau menganggap remeh nyeri sendi ini?
Pepatah mengatakan, Sehat itu Mahal Harganya. Jadi, sebelum terlanjur parah, lekas monggo diobati, dan untuk yang belum "terjangkit" penyakit Artritis Reumatoid ini, pintar - pintar kalian deh jaga kesehatan, tentunya jangan malas - malas untuk olahraga donk..
Baiklah kawan - kawan, semoga bermanfaat postingan saya kali ini.


Referensi: Sumatera Ekspres, Edisi Rabu, 30 Mei 2012, Halaman 15.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)