Bidang Pemerintahan yang Mempengaruhi Administrasi Negara

Pengaruh Ideologi Terhadap Administrasi Negara
Ideologi merupakan suatu pandangan, keyakinan atau kepercayaan. Sedangkan administrasi Negara merupakan pelaksanaan kebijakan publik. Jadi, pada dasarnya ideologi tercermin di dalam administrasi Negara. Negara Indonesia memiliki ideologi pancasila. Semua agama di Indonesia dinaungi oleh Departemen Agama yang dilengkapi dengan seperangkat administrasi negara. Hal ini mencerminkan sila ketuhanan Yang Maha ESA.

Pengaruh Politik Terhadap Administrasi Negara
Politik merupakan perjuangan untuk memperoleh kekuasaan, teknik untuk menjalankan kekuasan atau masalah-masalah pelaksanaan dan control atas kekuasaan. Dengan demikian kebijakan pemerintah yang merupakan kebijakan partai  banyak dipengaruhi oleh partai yang berkuasa.

Pengaruh Ekonomi Terhadap Administrasi Negara
Ekonomi dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk memuaskan kebutuhannya dengan jalan memproduksi, mendistribusi dan kemudian mengkonsumsi barang-barang dan jasa-jasa. Pembangunan ekonomi yang memerlukan penanaman modal dalam negeri dan Asing mempunyai dampak terhadap administrasi Negara. Misalnya pemerintah mempersiapkan seperangkt administrasi Negara yang mampu membina koperasi.

Pengaruh Sosial Budaya Terhadap Administrasi Negara
Ada beberapa pengaruh Sosial budaya terhadap administrasi Negara antara lain:
  • Tradisional versus modern. Sistem jatah dalam administrasi Negara yang masih sering dipertimbangkan dalam hubungannya dengan pengadaan, penempatan dsb kiranya dapat dilihat sebgai pengaruh dari adanya kelompok tradisional, sekalipun telah pula ditetapkan suatu norma atau standar penilaian yang berlaku secara umum “the righ man in the righ places”. Upacara-upacara adat yang sering dilakukan disertai dengan penyembelihan kerbau dalam rangka memulai pekerjaan atau proyek dengan harapan dapat berjalan dengan lancar.
  • Tekhnologi sosial dan fisik. Tekhnologi fisik berkembangnya pemakaian kendaraan bermotor, yang untuk DKI Jararta saja mencapai 1 juta buah memerlukan pengaturan dan pengontrolan dari pemerintah melaluiadministrasi Negara. Automation dan computer merupakan suatu penemuan yang kemudian memudahkan administrasi Negara. 
  • Revolusi komunikasi. Kebijakan adminisrasi Negara dapat segera dikomunikasikan kepada semua jajaran administrasi Negara disegala penjuru tanah air. Demikian pula umpan balik dapat segera disampaikan pada penentu kebijakan administrasi untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya. Sayangnya revolusi komunikasi belum seimbang dengan kesiapan masyarakat untuk menerima perubahan yang disebabkan oleh pendidikan rakyat yang rata-rata rendah sampai 38% (buta huruf). Sehingga sulit bagi mereka menerima dan memahami kebijakan pemerintah. Keadaan ini dipertajam dengan kenyataan bahwa sekalipun bahasa Indonesia telah resmi menjadi bahasa persatuan akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengerti dan paham sehingga akibatnya adalah program2 dan kebijakan administrasi Negara yang dikomunikasikan tidak dipahami.
Jadi ketiga hal tersebut yang termasuk kedalam sosial budaya yang mempengaruhi administrasi Negara baik dalam hal proses kerja dalam suatu pemerintahan (sisi administrasi) maupun dalam hal penyampaian kebijakan-kebijakan pemerintah.
 
Pengaruh Militer Terhadap Administrasi Negara
Di atas telah dikemukakan bahwa ideologi nasional pancasila berpangkal tolak dari paham kekeluargaan dan gotong royong, hal ini juga mempunyai pengaruh terhadap kedudukan, peranan dan fungsi militer atau pertahanan dan keamanan di Indonesia. Militer punya fungsi ganda yaitu sebagai kekuatan dan pertahanan dan sebagai kekuatan sosial. Fungsi militer sebagai kekuatan sosial diwujudkan dalam kekaryaan ABRI. Peran militer sebagai kekuatan sosial meliputi: menentukan haluan Negara, sebagai pelopor, stabilisator dan dinamisator, pembangunan nasional. Dengan pertahan militer maka diharapkan adanya kerjasama yang harmonis dalam administrasi negara untuk mewujudkan cita-cita bangsa. 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)