Tipe Manusia Berdasarkan Sifat Alamiahnya





Banyak para ahli yang mendefinisikan beberapa tipe manusia berdasarkan sifatnya. Beberapa tipe tersebut antara lain adalah Melankolis, Plagmatis, Sanguinis dan Koleris. Coba periksa diri Anda masing - masing, termasuk dalam tipe manusia yang bagaimanakah Anda. Berikut definisi singkat mengenai pengertian tipe - tipe manusia tersebut:
  1. Melankolis. Melankolis adalah tipe manusia yang bisa dikatakan selalu ingin serba "sempurna". Dalam kehidupannya sehari - hari, kegiatan - kegiatan orang melankolis cenderung sangatlah tersusun, rapi, dan telah dijadwalkan sebelumnya. Kebanyakan orang melankolis memilih diam untuk memikirkan sesuatu yang penting dibandingkan memilih berbicara suatu hal yang tidak memiliki landasan bukti yang jelas, hal ini disebabkan karena orang melankolis memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap suatu fakta - fakta, angka, dan data.
  2. Plagmatis. Kelompok orang plagmatis adalah orang yang "cinta damai". Bagi kelompok orang plagmatis, perdamaian adalah segala - galanya. Mereka lebih memilih untuk menahan sakit pada diri sendiri dibandingkan memilih hal yang bisa membuat terciptanya konflik atau pertengkaran. Orang plagmatis lebih cenderung untuk sering "makan hati". Inilah yang menyebabkan hidupnya kurang bersemangat jika dibandingkan tipe manusia yang lain. Ibarat kata adalah seperti seekor keledai, "jika didorong ngambek (marah), tapi kalau dibiarkan malah tidak jalan sama sekali".
  3. Sanguinis. Kalau kelompok orang sanguinis adalah mereka yang sangait ingin "populer". Kehidupan orang sangunis sangatlah penuh dengan beribu warna warni. Tapi orang sangunis cenderung untuk lebih berpikir secara "pendek" dan menjadi orang yang sangat pelupa yang mengakibatkan hidupnya bisa berantakan. Hal ini disebabkan karena emosional orang sanguinis sangatlah bergejolak dan transparan, yang bisa berubah sewaktu - waktu. Misalnya untuk contoh, sekarang orang sanguinis tertawa girang, tapi bisa saja sejam dari sekarang mereka langsung drop, menangis karena suatu hal.
  4. Koleris. Tipe yang terakhir ini adalah kelompok orang yang "egois". Orang koleris adalah orang yang lebih suka mengatur atau memerintah orang lain, tapi mereka sendiri tidak senang untuk diatur atau disuruh oleh orang lain (tidak mau mengalah). Hal ini lah yang menyebabkan orang koleris tidak punya banyak teman. Orang koleris juga cenderung "sombong", tapi dibalik kesombongannya, ketika tekad orang koleris tersebut sudah bulat, maka yakinlah hal apapun pasti dilakukannya sesuai kehendaknya.
Tersebut di atas adalah beberapa tipe manusia menurut pendapat atau pandangan para ahli berdasarkan sifat manusia tersebut. Untuk yang di bawah ini, berikut adalah penjelasan mengenai dua tipe manusia menurut dosen di kampus saya, Bapak Prof. Dr. Slamet Widodo, sebagai pengajar mata kuliah Kewirausahaan, Matematika Ilmu Sosial, Azaz - Azaz Manajemen, dan Statistik Sosial Lanjutan. Berikut dua tipe manusia menurut beliau:
  1. Manusia yang Bersifat Kekanak - kanakan (childist). Kelompok orang ini adalah manusia yang sangat bergantung pada keadaan dan orang lain. Mereka cenderung malas untuk mengerjakan suatu hal dengan kemampuan sendiri. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kemampuan atau keahlian yang terbatas sehingga kecil kemungkinan bagi mereka untuk mengembangkan kemempauan yang mereka punya. Mereka juga lebih ceroboh dalam segala hal, karena memiliki perspektif yang singkat.
  2. Manusia yang Bersifat Dewasa. Kalau kelompok manusia yang ini adalah kebalikan dari tipe manusia yang bersifat kekanak - kanakan. Kolompok manusia ini memiliki sifat mandiri yang sangat tinggi, karena mereka merasa mampu dan yakin untuk melakukan suatu hal dengan kemampuan yang mereka punyai. Mereka adalah kelompok manusia yang relatif independen, otonom, dan dapat mengontrol dirinya (tidak ceroboh). Kelompok ini memiliki sejumlah keahlian untuk mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki dan juga memiliki perspektif waktu yang panjang.
Itulah beberapa informasi mengenai tipe manusia berdasarkan sifatnya masing - masing yang saya dapatkan dari sumber Nandi's Blog dan juga dari materi perkuliahan saya yang diberikan oleh dosen saya. Terima kasih dari saya untuk Anda yang sudah meluangkan waktu untuk mampir ke blog saya ini. Selanjutnya, saya sangat harapkan komentar dari Anda semua, dan juga Anda mengklik salah satu iklan untuk memberikan donasi untuk blog saya ini...
TERIMA KASIH BANYAK...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

CBN Internet (Palembang)

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA