Tips Memilih Jurusan Perkuliahan yang Ideal




Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih untuk kawan - kawan yang sudah meluangkan waktu untuk mampir ke blog saya yang sederhana ini..

Tidak  terasa sekarang sudah memasuki detik - detik terakhir semester genap, yang artinya tinggal menghitung hari untuk menghadapi "Ujian Nasional" bagi kawan - kawan semua yang masih mengenyam bangku SMA/SMK/MAN kelas XII. Disaat penghujung ini, pastinya kalian akan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang mungkin akan membuat kepala kalian semakin pening untuk mengatasinya. Selain untuk menghadapi Ujian Nasional, tentunya kalian juga akan menjalani tes SNMPTN untuk memilih kelanjutan dari pendidikan kalian. Mungkin ada juga dari kalian yang sesudah lulus SMA/SMK/MAN ini langsung akan mencari pekerjaan. Pilihan mana yang kalian ambil, itu lah yang terbaik untuk diri kalian masing - masing. Tapi, bagi saya, keduanya juga sangat berperan penting dalam menentukan masa depan kita.

Dalam postingan saya kali ini, saya tidak membahas kedua pilihan tersebut, tapi saya akan membahas mengenai tips untuk memilih jurusan perkuliahan yang "ideal". Tips ini saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri dan juga dari arahan beberapa senior - senior saya, terutama guru - guru SMA saya. Walaupun saya sendiri belum jadi sarjana (tolong do'anya, amin, terima kasih), tapi menurut saya, tips - tips tersebut sangat lah sesuai untuk menentukan masa depan saya kelak. Berikut tips - tips memilih jurusan perkuliahan yang "ideal":
  1. Prospek / Masa Depan. Masa depan? Siapa orang yang tidak ingin masa depannya cerah? terjamin? Saya yakin diantara kalian pun pasti akan menginginkan masa depan yang cerah bukan? Jadi, dalam penentuan jurusan perkuliahan ini pun kalian harus tahu benar arah kemana selanjutnya kalian sesudah selesai kuliah (Sarjana). Menurut pendapat saya, kalian harus jeli dalam menentukan jurusan perkuliahan, jangan hanya mengandalkan penyalur Hobi, ikut - ikutan kawan, atau pun karena paksaan dari pihak lain. Ini masalah masa depan Anda, jadi cuma Anda yang tahu bagaimana kelanjutan hidup Anda masing - masing, bukan dari paksaan pihak lain atau pun sekedar penyalur hobi.
  2. Peluang. Dalam menentukan jurusan perkuliahan pun kalian harus melihat peluang untuk lulus dari seleksi tersebut. Dalam hal ini, jangan pernah kalian memaksakan jurusan perkuliahan yang Anda sendiri pun tidak mampu untuk bersaing dalam proses seleksinya. Banyak kejadian karena memaksakan ambisi yang "mustahil", banyak pelajar menjadi depresi dan hilang arah. Jadi, pintar - pintar lah kalian untuk membaca peluang yang ada, jangan sampai cuma gara - gara ambisi yang "mustahil" kalian jadi putus asa.
  3. Kapasitas Otak. Jangan memaksakan segala sesuatu yang sudah berada di luar kemampuan kita. Jangan memaksa untuk memilih jurusan yang akan membuat otak kita menjadi over-load. Otak manusia diciptakan oleh Tuhan dengan kemampuan masing - masing sesuai dengan kebutuhan diri kita masing - masing. Jadi, pilihlah jurusan perkuliahan yang bisa membuat kalian nyaman untuk menjalaninya hingga menjadi seorang Sarjana.
  4. Minat. Kenapa minat saya jadikan poin nomor 4? Jawabannya adalah, karena menurut saya kebanyakan orang tidak bisa untuk melawan egonya masing - masing. Dalam hal ini, menurut saya minat adalah ambisi yang akan membuat kita akan melupakan peluang yang ada lainnya. Banyak pelajar yang yakin jika memilih jurusan perkuliahan sesuai dengan minat akan lancar dalam menjalaninya, ibarat kata seperti jalan tol, bebas hambatan. Tapi hal ini adalah kesalahan yang sangat fatal, dengan berpatokan pada minat saja, maka otak kita tidak akan mengalami perkembangan, tidak akan mengenal dunia yang baru. Keadaan selalu berubah - ubah setiap waktu, jadi bila ingin sukses kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan luar sekitar kita. Atas dasar hal ini lah dengan beranggapan pada minat, banyak pelajar tidak tahu akan gambaran masa depannya.
  5. Biaya. Untuk poin yang terakhir, saya memilih persoalan biaya perkuliahan. Setiap Perguruan Tinggi mematok harga berbeda - beda setiap jurusan dengan setiap Perguruan Tinggi yang lainnya. Pilihlah Jurusan perkuliahan dan Perguruan Tinggi yang memang sesuai dengan keadaan ekonomi kita. Lagi pula, menurut saya, "merek" perguruan tinggi tidak menjamin cerahnya masa depan kita. Tak perlu terkenal, tak perlu mahal, tapi dari kita sendiri yang harus mampu membentuk kepribadian kita sendiri untuk menentukan masa depan kita masing - masing. Percuma Perguruan Tinggi mahal dan terkenal tapi diri kita sendiri tidak serius dalam menjalani perkuliahan tersebut.
Akhir kata, itu lah beberapa tips dari pengalaman saya sendiri dalam menentukan jurusan perkuliahan yang ideal. Mohon diingat! ini cuma sekedar tips, bukan jaminan! Jadi tanyakan pada diri Anda masing - masing bagaimana gambaran masa depan Anda. Apabila tips dari saya ini bermanfaat bagi kawan - kawan semua, saya ucap syukur Alhamdulillah... Tapi jikalau tips ini kurang berkenan di hati dan pikiran Anda, saya mohon maaf ya..
#Peace

Oh iya, jika kawan - kawan ada yang setuju atau kurang berkenan dengan tips dari saya tersebut, jangan lupa kasih komentarnya ya.. Terima kasih...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

CBN Internet (Palembang)

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA