6 Makanan Nikmat Yang Berbahaya Jika Tak Diolah Dengan Baik



       Sejumlah makanan berpotensi menyimpan racun yang dapat membahayakan tubuh. Namun tenang, makanan yang nikmat hanya berubah menjadi bahaya jika pengolahannya tidak dilakukan dengan baik. Tiram dan kerang misalnya. Makanan ini terkenal lezat dan ampuh menghalau racun. Namun, apabila tiram dan kentang ditangkap di perairan tercemar, risiko terkontaminasi racun justru tinggi. Jika salah olah, dipastikan akan bereaksi di dalam tubuh, seperti muntah, demam, dan diare. Selain tiram dan kerang, apa saja makanan yang dapat meracuni tubuh jika dikonsumsi tanpa memperhatikan kondisi dan pengolahan yang baik? Yuk, intip ulasannya.

1. Telur
Seperti makanan lain, telur juga dapat terkontaminasi bakteri berbahaya seperti Salmonella. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu membeli telur dari toko yang bersih dan tepercaya. Setelah mencuci permukaan telur dengan air bersih, dinginkan segera. Lalu masaklah telur sampai matang sebelum memakannya. Bagi orang yang terbiasa mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang, mereka harus waspada karena infeksi bakteri dapat memicu terjadinya tanda keracunan parah.

2. Tuna
Ikan jenis ini rentan terkontaminasi dengan Scombrotoxin, yang dapat menyebabkan kram dan sakit kepala. Pastikan untuk menyimpan tuna di tempat dingin. Jika perlu, simpan pada permukaan es. Area penyimpanan yang terlalu panas akan merangsang pelepasan racun yang sulit dalam proses memasak. Hindari makan ikan tuna yang kurang matang tanpa mengetahui kondisi penyimpanan sebelum pengolahan.

3. Tiram
Tiram dan kerang jenis lainnya dikenal sebagai makanan yang paling berpotensi untuk menghalau racun. Tetapi apabila tiram dan kerang-kerang tersebut tertangkap di perairan yang tercemar, risiko terkontaminasi racun sangatlah tinggi. Dan ketika masuk ke dalam tubuh, bisa menyebabkan reaksi seperti muntah, demam, dan diare. Jadi, hati-hatilah saat membeli tiram atau kerang.

4. Kentang
Kentang mengandung toksin alami, yaitu solanin dan chaconine. Racun ini biasanya terkandung dalam kentang hijau, toge, dan telah rusak secara fisik atau lapuk. Terkonsentrasi di daerah yang hijau, pada kulit, atau daerah di bawah kulit. Karena itu, hindari mengkonsumsi kentang yang masih muda atau kehijauan.

5. Keju
Keju paling rentan terkontaminasi bakteri seperti Listeria Samonellaor. Dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil yang memakannya. Itulah mengapa wanita hamil disarankan untuk menghindari konsumsi keju yang dibeli di pasar. Dan bagi mereka penggemar keju, biasakan membeli keju bermerek di supermarket yang disegel dan memiliki tanggal kadaluwarsa.

6. Beri
Buah beri rentan terkontaminasi bakteri Cyclospora yang dapat menyebabkan kram, dehidrasi dan diare. Itulah mengapa ada beberapa orang yang alergi terhadap buah-buahan seperti stroberi, rasberry, dan blackberry.

Sumber = http://jaringnews.com/hidup-sehat/umum/11367/enam-makanan-nikmat-namun-beracun-jika-tak-diolah-dengan-baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)