Tolak Neoliberalisme


      Sedikit demi sedikit, akhirnya, paham Neoliberalisme yang asalnya ditolak ini, tak urung diterima oleh kalangan intelektual terutama Mahasiswa. Di akhir abad 19, terjadi akselerasi atau percepatan. Great Depression yang terjadi akibat Perang Dunia II, seolah-olah menemukan obat mujarab dengan kehadiran paham ini. Kekacauan dan kerusakan parah di seluruh dunia memberi peluang pada paham ini untuk mengambil alih segala kontrol yang ada pada saat itu.Saat ini banyak terjadi kasus bunuh diri oleh rakyat karena tertimpa kesulitan ekonomi. Adanya anak putus sekolah, kasus busung lapar, hingga harga pangan yang tidak pasti menurutnya tidak ditangani pemerintah dengan serius. Akibat yang ditimbulkan dari neoliberalisme.

      "Musuh bersama kita adalah kekuatan modal internasional yang berlindung di balik lembaga-lembaga donor. Negara kemudian hanya menjadi fasilitator dan regulator bagi masuknya arus modal internasional. Massa terutama mahasiswa menuntut pemerintah mengesahkan Undang-Undang (UU) Badan Pengelolaan Jaminan Sosial (BPJS) demi kesejahteraan buruh. Pengunjukrasa mendesak pemerintah juga untuk mewujudkan akses kesehatan yang terjangkau bagi rakyat miskin.

        "Wujudkan pendidikan murah berkualitas dan berkarakter keindonesiaan. Selain itu lakukan nasionalisasi PT Freeport, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Se-Jabotabek berdemo di depan Bundaran HI, Jakarta Pusat, menolak kebijakan ekonomi neo liberal.Dalam orasi dan spanduk yang dikibarkannya, mereka menolak segala bentuk imperalisme asing, menyerukan kepada para pasangan capres agar tidak menganut paham neo liberal.Berdasarkan pengalaman masa lalu, kebijakan ekonomi neo liberal, yang melibatkan IMF dalam mengatasi krisis ekonomi pada Okober 1977, justru membuat krisis ekonomi semakin parah, dan nyaris menjadikan Indonesia sebagai negara gagal.

       Seringnya Mahasiswa melakukan demo meropukan bentuk sikap ketidak setujuan mahasiswa terhadap neoliberalisme yang dipandang sebgai bentuk paham yang membawa keburukan dan keterpurukan krisis baik ekonomi,politik,sosial,budaya bagi indonesia.Banyak nya dampak negatif yang ditimbulkan oleh neoliberalism tidak bisa dibiarkan berlalu begitu saja, sebagai mahasiswa yang intelektual kita dapat melihat kondisi bangsa yang pada saat sekarang ini, yang ditimbulkan oleh neoliberalisme. Penolakan-penolakan  pun terjadi dikalangan mahasiswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)