Menghapus Awesomehp Dari Browser



Pernahkah Anda mengalami ketika membuka browser, misalnya Firefox, tiba-tiba tampilan awal  menjadi seperti gambar di atas? Sebuah mesin pencari AwesomeHP telah menggantikan SEO Google Search untuk halaman awal browser tersebut. Sesekali saya pun tidak curiga karena saya mengira jika AwesomeHP seperti layaknya SEO lain. Namun timbul kecurigaan saya ketika saya mendapati di menu Add or Remove Program di dalam Control Panel  saya terdapat program AwesomeHP tersebut. Tidak berpikir panjang karena tidak ada manfaatnya, saya pun menghapus program tersebut dengan meng-uninstall-nya. Dan untuk kedua kali nya kecurigaan saya bertambah, ketika walaupun program tersebut sudah dihapus, namun tetap saja tampilan awal SEO browser saya tetap dengan SEO AwesomeHP, bukan Google Search.

Langkah berikut yang saya ambil adalah dengan mengganti secara manual homepage program Firefox saya. Dan taaaraaaa... Untuk sementara SEO AwesomeHP itu pun hilang. 

Dan Kemudian....

Ketika saya me-restart laptop, dan membuka Firefox ternyata itu biang kerok AwesomeHP kembali lagi di homepage firefox saya. Tambah meledak-ledak rasa curiga saya, dan ketika mencari informasi di internet, ternyata tepat dugaan saya, AwesomeHP tersebut adalah malware. Tanpa pikir panjang saya langsung mengikuti saran dari salah referensi di internet tersebut dengan meng-install program MBAM (Malwarebytes Anti-Malware) dan langsung men-scan laptop saya, betapa terkejutnya saya ketika melihat hasil scan tersebut bahwa laptop saya sudah disusupi malware, rootkit dan virus backdoor sebanyak 684. ckckcckckckck..

Saran saya, jika pengalaman kalian sama dengan saya ini, maka segeralah install program MBAM ini (maaf saya tidak menyediakan link karena yang saya punya pun versi trial). Tinggal kalian scan saja laptop atau pun komputer kalian dengan MBAM ini, maka malware AwesomeHP ini pun akan hilang.
Namun jika masih saja muncul walaupu sudah di scan, berikut ini caranya:
  1. Klik kanan pada icon browser kalian, trus klik properties, disitu ada kolom "target" hapus saja www.awesomehp.com dan klik OK.
  2. Reset browser kalian.
 Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)