Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi




Sudah lama tidak pernah mem-posting, akhirnya rasa kangen akan gubug blog tercinta ini pun kembali bangkit.Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai skripsi.

Yah SKRIPSI...

Siapa mahasiswa yang tidak mengenal skripsi? SKRIPSI = Perampok Masa Muda.. hahahahahaha
Berbahagia lah kalian semua yang telah menjadi sarjanawan karena telah berhasil melewati masa-masa kritis, ibarat sakit sudah di opname, termasuk saya.. (ssstttt...) Saya sendiri mengerjakan skripsi selama kurang lebih 8 bulan, dengan 5 bulan untuk UP (Ujian Proposal) dan selebihnya untuk SS (Sidang Skripsi) bahkan sampai sekarang belum diwisuda, hihihihi... Bagi sebagian mahasiswa, skripsi itu perkara mudah, namun survei ini hanya sebatas 1 orang dari 100 sampel (hasil survei cak lontong. hahahaha).. Dan dengan berbangga hati saya pun hadir dalam sampel tersebut dan termasuk ke dalam 99 orang..

Langkah awal berkenalan dengan skripsi sih cuma biasa-biasa saja, karena saya pikir skripsi itu mudah dikerjakan (NB: tidak harus dikampus). Namun asumsi saya tersebut salah besar! Ternyata memang benar pepatah orang tua, Cintailah Pekerjaanmu, Maka Pekerjaanmu Akan Terasa Ringan. Dengan berminggu-minggu saya selalu dirundung rasa malas untuk mengerjakan skripsi. Di awal minggu memang tidak terasa, namun diminggu-minggu berikutnya sangat-sangat terasa bahkan sampai panas didada ketika mendengar kawan sudah di acc judul penelitian mereka. Dari sini langsung timbul lah rasa gugup pada diri bujang rantau ini. Namun Alhandulillah saya pun bisa menyelesaikan proposal penelitian hanya dalam waktu seminggu, woww, tapi ini tak semudah yang kalian bayangkan karena harus menerapkan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), ya dengan begadang sampai ketemu pagi..

Oke tanpa panjang lebar lagi membahas curhatan saya, berikut ini trik-trik dari saya untuk cepat menyelesaikan skripsi berdasarkan pengalaman, observasi, dan perkiraan (cie elahhh)..:
  1. Merugilah kalian yang semasa hidup dikampus termasuk ke dalam Kumaper (Kumpulan Mahasiswa Kuper), karena skripsi ini kita harus kuat mental dan komunikatif dalam merayu dosen pembimbing. Kalau kita aja kuper, bagaimana mau ngadepin dosen pembimbing skripsi? Bisa-bisa cuma kebanyakan ngomong huruf e...e...e...e...e..e..e...e.., dst..
  2. Pintar-pintar lah dalam hal me-lobi dosen, tapi bukan dalam artian melobi trus diajak ke kamar melati, melainkan pintar-pintar lah mencari waktu dan kesempatan yang pas dengan dosen pembimbing ketika akan bimbingan. Bila perlu bawakan sekalian tuh martabak telor kek, sate atau sekalian dengan kandang kambingnya (just kidding, hehehehe).
  3. Merendah dihadapan dosen pembimbing, bila perlu tampilkan muka blo'on kalian biar terkesan kita ini anak penurut, namun tentu saja harus dibarengi dengan kosakata kalian yang berbobot, terutama dalam hal membahas penelitian kalian, jadi dosen pembimbing akan lebih nyaman. Selain ilmu beliau tidak kalian kritik, namun juga setiap argumen beliau selalu nyambung dengan tanggapan-tanggapan kalian. Jadi kuasai masalah tentang penelitian kalian.
  4. Ketika Ujian Proposal, kuasai materi penelitian kalian sebanyak mungkin. Hal ini bertujuan untuk membuat bangga dosen pembimbing skripsi karena kita lancar membahas mengenai proposal kita dan tidak gagu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dosen penguji/pembahas maupun dari audience.
Yah saya rasa cukup 4 poin di atas trik-trik menyelesaikan skripsi dengan cepat. Namun tentu saja harus dibarengi dengan dorongan positif dari diri kalian masing-masing, seperti hindarilah rasa untuk bermalas-malasan, dan jangan pernah untuk menunda-nunda pekerjaan, karena tentu saja si kesempatan ini (entah anak siapa) jarang sering-sering mampir ke kita..

Tetapi sebelumnya ada satu lagi poin yang sangat penting dan sangat vital (namun saya yakin tidak semua mahasiswa melakukakan ini), yaitu JANGAN PERNAH SESEKALI MENODONG DOSEN PEMBIMBING UNTUK MENG-ACC JUDUL KITA. Terkadang ada-ada saja tingkah mahasiswa ini, sudah bimbingannya jarang, mukanya buat eneg, tapi ketika bimbingan walaupun baru satu kali langsung memohon-mohon untuk di-acc proposal penelitiannya. Hadehhhh...

 Okee,, semoga bermanfaat..

Komentar

  1. Nice Info Post Anda Jangan Lupa Kunjungi Blog Aku
    http://contohbimbinganskripsi.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Tolong Komentar Tentang Hal Yang Positif.... Sebelumnya Maaf Jika Komentar Anda Tidak Saya Balas, Karena Ini Hanya Blog Pribadi Saya yang Saya Kelola Sendiri dan Saya Juga Tidak 24 Jam Online...
Terima Kasih...

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)