61 Fakta Tentang Kehebatan Tubuh Manusia Yang Sangat Luar Biasa

Tubuh manusia menyimpan berbagai misteri yang sangat luar biasa dan mengagumkan. Semua koordinasi sel dan organ membuat tubuh menjalankan fungsi yang sempurna. Berbagai kehebatan tersebut sebelumnya tidak pernah diduganya sebelumnya. Tubuh manusia ciptaan manusia itu mungkin saja masih menyimpan berbagai hal yang masih belum terungkap. Demikian pula ternyata kesehatan manusia juga masih banyak menyimpan rahasia dan fakta yang baru diketahui

1. Setiap hari anda, kecuali anda gundul, kehilangan 100 lembar rambut dan 36.000 tiap tahun.
2. Bersin anda meluncur dengan kecepatan lebih 100 mph.
3. Abu rata-rata manusia setelah dikremasi adalah seberat 9 pounds.
4. Tubuh manusia dapat berthana lama tanpa makan daripada tanpa tidur. Kelaparan akan menyebabkan kematian dalam beberapa minggu sedangkan tanpa tidur anda akan mati dalam waktu 10 hari.
5. Manusia rata-rata meminum air sebanyak 16.00 galon selama hidupnya.
6. Bayi lahir dengan 300 tulang tetapi ketika dewasa berkurang hingga 206 tulang saja.
7. Jantung anda berdetak sebanyak 37.000.000 dalam setahun, selama hidup dua atau setengah milyar kali.
8. Setiap inci kulit kita di huni koloni bakteri sebanyak 32 juta bakteri.
9. Organ dalam terbesar dalam tubuh kita adalah usus kecil dengan panjang 20 kaki lebih.
10. 85 % otak kita adalah air!.
11. 300 juta sel mati didalam tubuh kita setiap menit.
12. Organ terbesar manusia adalah kulit dengan panjang 25 kaki persegi.
13. kulit manusia mengelupas sebanyak 600.000 partikel perhari, 1,5 pound perhari. Dalam usia 70 tahun kehilangan 105 pon kulit.
14. Kulit manusia mengelupas dan tumbuh setiap 27 hari, hampir 1000 an kulit baru manusia tumbuh dalam seluruh hidupnya.
15. Membutuhkan 17 otot untuk tersenyum dan 43 untuk mengkerut.
16. Rata-rata lama hubungan seksual manusia adalah 2 menit.
17. Membunuh diri dengan cara menahan nafas tidaklah mungkin bagi kita.
18. Jantung manusia dapat menciptakan tekanan darah yang mencurat setinggi 30 kaki.
19. Anda berkedip hampir 84 juta kali dalam setahun.
20. Bila kita bersin semua organ kita berhenti bekerja sampai ke hati juga.
21. Sebanyak 40 orang tiap menitnya dikirimkan kerumah sakit akibat gigitan anjing.
22. bayi lahir tanpa tempurung kaki hingga umur 2-6 tahun.
23. Hidung di rambut anda rata-rata tumbuh 2 meter selama hidup anda.
24. Virus flu lebih mudah menyebar akibat berjabat tangan daripada berciuman.
25. Gigi manusia sbebenarnya mempunyai panjang 55 mil.
26. Perjalanan impuls ke otak mencapai kecepatan 170 mil per jam.
27. manusia da yang mempunyai kaki yang panjangnya beda.
28. Pria ataupun wanita rata-rata berbicara sebanyak 31.500 kata per hari.
29. Kebanyakan debu di rumah anda terbuat dari kulit yang mati.
30. Diperkirakan 0,7% populasi dunia adalah seorang pemabuk.
31. Setiap jam satu miliar sel di daam tubuh harus diganti.
32. Mata manusia bisa membedakan 500 warna abu-abu.
33. Tulang paha manusia lebih kuat dari beton.
34. Hati manusia mampu menciptakan tekanan yang cukup untuk menyemprotkan darah sejauh 30 kaki (9 m).
35. Mata kita selalu berukuran sama sejak lahir, tapi hidung dan telinga kita tidak pernah berhenti tumbuh.
36. Batuk rata-rata yang keluar dari mulut kita berkecepatan 60 mil (96,5 km) per jam.
37. Janggut adalah bulu yang tumbuhnya paling cepat pada manusia. Jika pria rata-rata tidak pernah memangkas janggutnya, makan hal ini akan membuatnya tumbuh hingga hampir 30 kaki dalam hidup.
38. Mata bayi tidak menghasilkan air mata sampai si bayi berumur sekitar enam atau delapan minggu.
39. Setiap orang memiliki bentuk lidah yang berbeda.
40. Bersin dapat melampaui kecepatan 100 m/jam.
41. Sel-sel mati dalam tubuh kita akhirnya dibawa ke ginjal untuk eksresi.
42. Senyum adalah ekspresi wajah yang paling sering digunakan. Senyum dapat dilakukan di mana saja dari 5 hingga 53 pasang otot wajah.
43. Satu dari 20 orang memiliki tulang rusuk lebih.
44. Orang-orang dengan kulit gelap tidak akan mengkerut secepat orang dengan kulit terang.
45. Darah manusia melalui perjalanan 60.000 (96.540 km) per hari pada perjalanan melalui tubuh.
46.Tubuh mampu memproduksi Aspirin sendiri
Makan buah dan sayur bisa membantu tubuh untuk menghasilkan obat penahan sakit sendiri. Penemuan Journal of Agriculture and Food Chemistry mengindikasikan bahwa partisipan yang mendapat asupan Benzoic Acid, salah satu zat alami yang terkandung dalam buah dan sayur, mampu memproduksi asam Salisil sendiri. Asam Salisil sendiri merupakan komponen penting penyusun aspirin yang berguna untuk mencegah peradangan dan mampu melepaskan rasa sakit.
47.Tidur siang saat kerja sebenarnya menguntungkan bagi para bos
20 menit tidur siang bisa meningkatkan kondisi waspada seseorang, meningkatkan mood, dan pasti produktivitas jadi membaik. William Anthony, salah satu penulis buku THE ART OF NAPPING AT WORK mengatakan bahwa tidur siang berdampak siaga hingga beberapa jam setelah bangun. Selain itu, jantung juga ikut mendapatkan keuntungan saat tidur siang. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun terhadap partisipan dewasa Yunani menemukan bahwa pria yang tidur siang setidaknya 3 kali seminggu memiliki risiko 37% serangan jantung yang lebih rendah
48.Setiap lidah manusia memiliki ‘cetakan’ yang berbeda
Sama seperti sidik jari, lidah manusia itu unik adanya. Bisa dijulurkan keluar, melindungi mulut dari tertelan benda tertentu, dan tak bisa ditiru cetakan struktur permukaannya. Tekstur Geometris yang ada di permukaan lidah berbeda pada setiap orang sehingga bisa juga dipakai untuk mengidentifikasi seseorang.
49.Kaki merupakan ‘pelabuhan’ organ-organ penting
Kulit di telapak tangan dan kaki memiliki ketebalan lebih kurang 4 mm dan kulit kaki merupakan kulit yang paling tebal dari seluruh kulit di tubuh manusia. Selain itu, ada banyak kelenjar dari berbagai organ penting yang berlabuh di kaki. Pantas saja ahli refleksi bisa tahu jenis penyakit yang diidap dari pijatan pada bagian kaki.
50.Usus buntu ternyata berguna juga
Diklaim sebagai organ yang tak memiliki fungsi apapun, sebenarnya usus buntu juga diciptakan untuk tujuan tertentu. Apa itu? ‘Hunian aman’ bagi bakteri menguntungkan yang dibutuhkan usus untuk membantu proses pencernaan. Saat seseorang menderita diare, isi perutnya biasanya terkuras keluar. Usus buntu inilah yang kemudian menjadi tempat bernaung bagi bakteri menguntungkan agar tidak ikut keluar dari tubuh.
50.Tubuh manusia lebih tinggi saat pagi hari Pada pagi hari tubuh manusia rata-rata lebih tinggi setengah inci daripada malam. Hal ini berkat kelebihan cairan dalam tubuh yang ada di antara tulang belakang, yang biasanya ‘terisi’ selagi kita tidur. Begitu hari lewat, saat tubuh beraktivitas, cairan di area tulang belakang ini pun merembes keluar sehingga tubuh jadi menyusut dan lebih pendek.
50.Tubuh manusia bersinar di dalam gelap Kondisi ini terungkap jika menggunakan kamera ultra sensitif. Tubuh ternyata mampu memancarkan sejumlah sinar kecil yang sayangnya terlalu lemah untuk dideteksi dengan mata biasa.
51.Perut memproduksi lapisan baru tiap 3 hari sekali
Mengapa? Untuk mencegah asam lambung memakan perut itu sendiri, bila seseorang sedang berpuasa atau tidak makan apapun.
46. 85% dari populasi dapat menekuk lidah mereka ke dalam sebuah tabung.
47. Dibutuhkan tujuh detik untuk makanan untuk pergi dari mulut ke lambung melalui kerongkongan.
48. Hati wanita berdetak lebih cepat daripada laki-laki.
49. Dalam satu hari, jantung kita berdenyut 100.000 kalo.
50. Rambut terbuat dari bahan yang sama seperti kuku.
51. Perut mengeluarkan asam korosif
Dalam perut manusia ada satu jenis cairan berbahaya yang terdapat di dalam lambung. Sel dalam perut dapat mensekresikan asam klorida, yaitu senyawa korosif yang juga digunakan untuk merawat logam dalam dunia industri. Asam ini sangat kuat, tetapi lapisan mukosa dinding lambung menjaga cairan beracun ini aman dalam sistem pencernaan.
52. Posisi tubuh mempengaruhi memori
Bila orang seketika lupa dengan tanggal-tanggal penting dalam hidupnya, mengubah posisi tubuh bisa membantu mengembalikan ingatannya tersebut. Misalnya dengan berjalan sejenak atau meniru posisi pada saat momen itu terjadi. Memori bisa bersimpan dalam indera. Selain posisi tubuh, bau dan suara juga dapat membangkitkan memori.
53. Pubertas membentuk ulang struktur otak
Perubahan hormon dalam tubuh dapat mendorong pertumbuhan dan tubuh siap untuk reproduksi. Hormon-hormon seperti testosteron sebenarnya mempengaruhi perkembangan neuron di otak, dan perubahan terhadap struktur otak memiliki konsekuensi terhadap banyak perilaku. Hal inilah yang membuat remaja selalu emosional dalam bertindak dan umumnya mengalami gangguan tidur.
54. Rambut hidung membantu keringkan lendir Kebanyakan sel seperti organel rambut yang disebut silia, membantu tubuh dengan berbagai fungsi, dari pencernaan hingga pendengaran. Di hidung, silia membantu mengeringkan lendir dari rongga hidung ke tenggorokan.
55. Tertawa itu menular
Sama halnya dengan menguap, melihat orang tertawa juga bisa menular. Mendengar tawa sebenarnya menstimulasi daerah otak yang terkait dengan gerakan wajah. Isyarat seperti bersin, tertawa, menangis dan menguap juga merupakan cara untuk menciptakan ikatan sosial yang kuat dalam suatu kelompok.
56. Kulit memiliki empat warna
Semua kulit bila tanpa warna akan tampak putih krem. Pembuluh darah di dekat permukaan kulit akan membuatnya tampak kemerahan. Kemudian, melanin sebagai respons terhadap sinar ultraviolet, akan membuat kulit tampak lebih hitam. Empat warna yang dicampur dalam proporsi yang berbeda, menciptakan warna kulit semua bangsa di bumi.
57.Fakta Panjangnya pembuluh darah. Darah memiliki jalur kerja yang panjang, karena ada sekitar 60.000 mil (96.540 km) pembuluh darah dalam tubuh manusia. Dan jantung bekerja keras untuk memompa sekitar 2.000 galon darah setiap harinya ke semua pembuluh darah.
58.Fakta Jumlah air liur. Mungkin tidak pernah terbayangkan untuk berenang di dalam air liur sendiri. Tapi hal ini mungkin saja, karena dalam seumur hidupnya seseorang menghasilkan air liur rata-rata 25.000 liter.
59.Fakta Kekuatan mendengkur. Seseorang .pasti akan terganggu jika tidur di sebelah orang yang mendengkur. Hal ini bisa dimaklumi, karena suara dengkuran bisa mencapai 60 desibel yang setara dengan suara normal orang berbicara. Bahkan ada yang mencapai 80 desibel yaitu setara dengan suara mesin bor.
60.Fakta Warna dan jumlah rambut. Warna rambut akan membantu menentukan seberapa banyak jumlah helai rambut. Warna rambut pirang memiliki 146.000 folikel (kantong kelenjar pada rambut), rambut hitam memiliki 110.000 folikel sedangkan rambut coklat memiliki 100.000 folikel. Setiap folikel menghasilkan 20 helai rambut.
61.Fakta tentang Berat kepala. Tidak heran jika seorang bayi sulit sekali mengangkat kepalanya, karena berat kepala saat baru lahir adalah seperempat dari total berat badan. Sedangkan saat dewasa, berat kepalanya hanya seperdelapan dari berat badan seseorang.


Sumber: http://id-id.facebook.com/note.php?note_id=241207785905252&comments 

Komentar

  1. thank nice infonya, dan jangan lupa kunjungi balik website kami http://bit.ly/2DEJSkI

    BalasHapus

Posting Komentar

Tolong Komentar Tentang Hal Yang Positif.... Sebelumnya Maaf Jika Komentar Anda Tidak Saya Balas, Karena Ini Hanya Blog Pribadi Saya yang Saya Kelola Sendiri dan Saya Juga Tidak 24 Jam Online...
Terima Kasih...

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)