Tips Membagi Waktu Kita

Teman-teman pernah nggak merasa kebingungan membagi waktu? Yang ini belum selesai, melihat list, kok ya masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Akhirnya kadang tidak jarang malah mogok (stress sendiri nggak tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita).
Nah untuk mengatur pengalokasian waktu yang efektif, mungkin beberapa tips ini akan berguna:
  • Sesuaikan aktivitas dengan tingkat energi kita, ada istilah orang pagi atau orang malam, yaitu dimana energi dan konsentrasi seseorang sedang tinggi-tingginya, biasanya pada waktu-waktu ini, kerja apa saja cepat selesai. Bila kita bisa menyesuaikan aktivitas kita dengan ‘jam’ ini, maka produktivitas kita bisa makin tinggi.
  • Buat prioritas mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu (mana yang penting), dan kerjakan pekerjaan sesuai urutan tersebut. Hal ini akan mengurangi panik karena dikejar-kejar deadline.
  • Mengatur jadwal pribadi untuk tiap jenis pekerjaan, sesuaikan dengan jam pribadi kita, bilamana kita merasa paling kreatif pada pagi hari, maka kerjakanlah pekerjaan yang menuntut kreativitas di waktu itu. Jangan memaksakan diri membaca buku di waktu itu, karena hanya akan membuang-buang waktu saja. Hasilnya tidak akan sebanding dengan energi yang kita keluarkan.
  • Buat urutan tingkat kesulitan tiap pekerjaan, dan kerjakan yang mudah dulu, supaya kita tidak menjadi frustasi atau menghabiskan terlalu banyak waktu di pekerjaan sulit, dan menjadi bosan (lemas malas) saat tiba saatnya mengerjakan pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
Tips-tips membagi waktu di atas tentu saja bisa diatur (disesuaikan) lebih lanjut berdasarkan kegiatan dan kebutuhan masing-masing.
Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)