Tips Membuat Judul Blog Yang Efektif

Ada beberapa blogger yang tidak begitu mempedulikan dalam penulisan judul postingnya dan terkesan semau gue, itu memang tidak salah karena itu memang hak dia karena dia adalah pemilik sekaligus editor blog.

Judul bukan hanya sekedar sebuah nama posting, tetapi juga mempunya peranan penting dalam keberhasilan sebuah blog. Jika seseorang membaca sebuah judul posting, maka dalam beberapa detik dia akan memutuskan untuk membaca suatu posting atau melewatkannya, dan tentunya jika judul sebuah posting tidak menarik minatnya tentu dia akan melewatkannya. Adalah sebuah kemubadziran jika sebuah posting yang sebenarnya isinya sangat bagus akhirnya terlewatkan begitu saja karena judulnya tidak menarik.



Jika blog anda ingin tampak professional dan serius , anda harus memperhatikan kaidah atau aturan menulis judul posting yang baik berikut ini.



1. Kesan Pertama Begitu Menggoda.

Judul sebuah posting sudah harus berkomunikasi dengan pembacanya, sehingga dalam diri pembaca langsung timbul suatu keinginan membaca postingan dan merasa sayang untuk melewatkannya. Hal ini karena judul posting yang sangat menggoda dan membangkitkan gairah keingintahuan pembaca tentang isi sebuah posting.



2. Mencerminkan Isi Posting.

Alangkah naifnya jika judul suatu posting begitu menarik minat pembaca sehingga pembacapun ingin segera tahu isi posting itu, dan mungkin itu adalah informasi yang sedang dicarinya, tetapi apa yang didapat adalah sebuah kekecewaan karena isinya ternyata tidak sesuai dengan judul



3. Ramah Pada Mesin Pencari

Kita sudah pahami bersama bahwa menulis posting adalah untuk manusia dan bukan menulis posting untuk mesin pencari ( google, yahoo, bing dsb.), tetapi kita juga tidak dapat memungkiri jika pembaca dalam mencari informasi yang terbanyak adalah melalui mesin pencari, sehingga mau tidak mau dalam membuat judul posting juga harus memperhatikan” friendly search machine”.



Yang harus diperhatikan adalah dalam pembuatan judul posting yang ramah pada mesin pencari adalah kata kunci ( key word)yang tidak mengurangi kualitas judul posting ( merujuk item 1 dan 2 ).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Perbedaan Kekuasaan dan Kewenangan

8 UNSUR ADMINISTRASI NEGARA

CBN Internet (Palembang)